LadyBird Journal – Semua orang pasti pernah bad mood. Entah rasanya ingin marah-marah terus, sedih pake banget, atau rasa malas yang lama muncul sehingga mengganggu produktivitas maupun memberi dampak negatif untuk hubungan kita dengan orang di sekitar. Intinya, memiliki mood yang jelek akan merugikan kita. Lalu, sebenarnya adakah cara mengatur emosi diri supaya mood selalu dalam kondisi baik?

 

Apa dan bagaimana sebenarnya emosi dibentuk?

Beberapa peneliti berpendapat bahwa emosi diri terbentuk dari penilaian kita terhadap hal sekitar yang terjadi. Sedangkan sebagian peneliti lainnya berpendapat bahwa emosi muncul sebagai reaksi fisik kita terhadap sekitar. Emosi yang dimaksud disini bentuknya bisa positif dan negatif, baik senang, sedih, marah, maupun emosi lainnya yang disebut emosi moral (contoh: rasa kebanggan, rasa malu, dan rasa bersalah)

 

Macam Teknik Mengatur Emosi Diri

Setelah kita tahu apa itu emosi dan bagaimana emosi bisa muncul, kita bisa tahu bagaimana cara mengatur emosi diri kita. Hal ini biasanya disebut sebagai kemampuan regulasi emosi. Kemampuan ini biasanya ada pada orang dewasa yang sudah mempunyai banyak pengalaman bekerja bersama orang lain dan mampu untuk memahami perasaan orang lain. Kemampuan regulasi emosi sangat menguntungkan untuk dipelajari, antara lain bisa memperbaiki mood, meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berempati.

 

Ada banyak teknik yang bisa kita lakukan untuk meregulasi emosi kita, seperti meditasi, mindfulness dan manajemen stress. Abigail Rolston dan Elizabeth Lloyd-Richardson membuat daftar contoh regulasi emosi yang positif yang bisa kita lakukan, antara lain:

  1. Berbincang dengan teman
  2. Berolahraga
  3. Menulis di jurnal pribadi
  4. Meditasi
  5. Terapi
  6. Merawat diri saat kita sakit
  7. Tidur yang cukup
  8. Memantau pemikiran negatif yang muncul, dan
  9. Beristirahat jika perlu

 

Dalam penelitianya, Rolston dan Llyod-Richardson juga menyebutkan tiga tips tambahan sebagai cara mengatur emosi diri dengan baik, antara lain:

  • Merawat kebutuhan fisik

Hal sederhana seperti makan yang sehat dan tepat waktu, tidur yang cukup serta olahraga teratur dapat berpengaruh terhadap cara dan kemampuan kita meregulasi emosi kita. Keberhasilan kita merawat diri secara fisik juga bisa memunculkan rasa puas pada diri sendiri dan menawarkan pandangan baru pada masalah atau kejadian yang awalnya mungkin membuat kita merasakan emosi yang negatif.

 

  • Melakukan aktivitas yang memberikan rasa puas

Melakukan satu aktivitas yang positif dapat membangun rasa puas kita dan membawa kebahagiaan dalam kehidupan kita. Kita juga dapat merasa lebih nyaman terhadap kemampuan kita sendiri dan meningkatkan mood kita secara positif. Hal-hal yang dapat kita lakukan misalnya melakukan olahraga dengan goals tertentu, menyelesaikan permainan yang membutuhkan pemikiran seperti puzzle atau teka-teki silang dan berkontribusi di dalam kegiatan

 

  • Mengganti dan meralat pemikiran kita

Mempertanyakan reaksi kita terhadap suatu kejadian dapat membantu kita meregulasi emosi kita terhadap kejadian tersebut. Misalnya jika sedang marah, kita bisa mengevaluasi apa yang kita pikirkan yang membuat kita marah. Pertanyaan yang mungkin membantu antara lain:

  • Apa sebenarnya yang membuatku merasa seperti ini?
  • Kenapa saya bereaksi dengan sangat intens?
  • Apa hal terburuk yang bisa terjadi?
  • Apa hal ini masih akan penting untuk saya besok? bulan depan? tahun depan?

 

Itulah cara mengatur emosi diri yang bisa kita lakukan ketika merasa moody dalam keseharian kita. Tentunya tidak semua kejadian memerlukan regulasi emosi, misalnya dalam kejadian di mana marah merupakan emosi yang wajar untuk terjadi. Namun dalam keadaan yang membutuhkan kita untuk mengendalikan emosi dan berpikir jernih, semoga tips di atas dapat membantu, ya.

 

Referensi:

https://science.howstuffworks.com/life/what-are-emotions.htm

http://www.selfinjury.bctr.cornell.edu/perch/resources/what-is-emotion-regulationsinfo-brief.pdf

http://www.erosresearch.org/index.php/emotion_regulation/an%20easy%20guide/

 

Leave a Reply