Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Untuk Freelancers yang Bekerja di Rumah

LadyBird Journal – Ketika saya mulai bekerja freelancing, tujuan saya adalah untuk mempunyai jam kerja yang lebih fleksibel, sehingga saya punya lebih banyak waktu untuk meningkatkan kualitas hidup saya di aspek-aspek lainnya. Kenyataannya, saya jadi terpaku di depan laptop seharian dan kadang terlalu lelah untuk mengerjakan hal-hal lainnya. Tentu hal ini tidak baik bagi produktivitas kerja dan kualitas hidup saya. Oleh karena itu, sebagai freelancer saya mengidentifikasi permasalahan dan tips menjaga kesehatan tubuh untuk freelancer:

 

1.  Istirahat yang cukup untuk memperbaiki dan me-recharge diri

Untuk freelancers, kehilangan tenaga bisa diakibatkan oleh beberapa hal: kurang tidur, kurang olahraga, makan makanan tidak bergizi, dan diam di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Ada dua hal yang mengakibatkan kamu merasa tidak bertenaga, yaitu tubuhmu kekurangan sesuatu yang dibutuhkannya, atau ada sesuatu yang tidak semestinya ada dalam tubuhmu. Kamu harus bisa peka untuk mendengarkan dan mengantisipasi kebutuhan tubuhmu.

Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan tenaga adalah dengan istirahat yang cukup. Tidur dengan cukup (7-8 jam) bisa membuatmu semakin produktif karena tubuhmu mempunyai cukup waktu untuk memperbaiki dan me-recharge dirinya.

 

2. Tidur.

Waktu tidur yang sedikit akan membuatmu merasa lelah, dan waktu tidur yang terlalu banyak akan bisa mengacaukan pola aktivitas tubuhmu. Biasakan juga untuk tidak bekerja di tempat tidur, dan hanya ke tempat tidur di saat kamu memang mau beristirahat.

 

3. Olahraga teratur untuk mengisi kembali tenaga

Cara lain untuk mengisi kembali tenaga dan melatih kekuatanmu adalah dengan olahraga teratur. Ketika kamu tidak aktif dan hanya duduk di kursi sepanjang hari, badanmu akan mulai kehilangan kekuatan di tempat-tempat yang jarang digunakan. Olahraga yang cukup akan menghasilkan endorfin di otakmu yang akan membantumu merasa bersemangat dan juga mengembalikan kekuatanmu. Pilihlah olahraga yang cocok dengan kamu. Salah satu sumber favoritku untuk panduan olahraga di rumah adalah melalui YouTube. Coba saja browsing video olahraga yang tidak membutuhkan alat (seperti zumba atau yoga)! Selain itu, dengan berolahraga tubuhmu juga akan mengeluarkan energi yang akan membuatmu lebih mudah tidur di penghujung hari. Jika kamu kesulitan untuk mendisiplinkan diri untuk olahraga, ajaklah teman-temanmu untuk ikut olahraga. Nggak hanya bisa lebih sehat, kamu pun bisa terbebas sejenak dari kesendirian bekerja di rumah.

 

4.  Menjaga asupan gizi

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuhmu. Memasak makanananmu sendiri adalah salah satu cara yang paling baik untuk memastikan kebutuhan gizimu tercapai. Sebagai bonus, aktif bergerak ketika memasak juga baik untuk variasi kegiatan sehari-harimu.

 

5. Mengetik di komputer dengan jarak yang cukup dan sesuaikan pengaturan cahaya

Menatap layar terus-menerus akan membuat matamu lelah. Biasakanlah untuk mengetik dari jarak yang tidak terlalu dekat dari layar dan sesuaikan juga pengaturan cahaya, kontras, temperatur, dan ukuran huruf di layar yang paling nyaman untuk matamu. Usahakan juga untuk mengistirahatkan matamu setiap setidaknya 20 menit sekali dengan melihat objek yang jaraknya setidaknya 6 meter selama 20 detik. Melihat objek dengan jarak jauh akan membuat matamu rileks dan mengurangi kelelahan. Mengedip dengan sering juga membantu matamu terhindar dari kekeringan dan iritasi.

 

6. Stretching

Selain itu, sambil menjauh dari layar, jangan lupa untuk stretching leher, pundak, punggung, tangan, dan kakimu untuk mengurangi ketegangan dan menghindari kelelahan otot serta memperlancar sirkulasi

 

7. Menghindari isolasi sosial

Bekerja freelancing di rumah memang bisa menimbulkan rasa kesepian, dan kesepian bisa mempengaruhi kesehatan mental dan otomatis juga fisikmu. Media sosial bisa menjadi tempat berinteraksi dengan orang-orang dengan mudah tanpa perlu meninggalkan tempat kerja. Namun jangan lupa bahwa interaksi tatap muka pun merupakan salah satu kebutuhan sosial kita yang sangat penting. Buatlah jadwal rutin bertemu dengan keluarga dan teman-teman terdekatmu untuk makan siang atau makan malam di luar. Selain itu, jalinlah hubungan dengan sesama freelancers dengan gaya hidup yang mirip denganmu. Selain bisa menyelamatkanmu dari kejenuhan rutinitas sehari-hari, networking dengan sesama freelancers juga bisa menjadi sumber dukungan sosial yang baru dan juga menambah hubungan bisnis.

 

8.  Menciptakan lingkungan kerja yang efektif

Susunlah sebuah area di rumah untuk menjadi tempat kerjamu dan simpan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaanmu di situ. Tentukan juga jam kerjamu di setiap harinya. Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah kamu bisa mengatur jam kerjamu sendiri, tapi pastikan bahwa jam kerja ini sesuai dengan kemampuanmu. Jangan bawa hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu keluar dari area tersebut, apa lagi ke tempat tidur. Hal ini akan mendisiplinkan kamu untuk fokus bekerja di tempat dan waktu tertentu saja, dan kamu bisa unplug ketika kamu keluar dari area tersebut atau ketika jam kerjamu sudah selesai. Pastikan area ini juga kondusif untuk bekerja, misalnya ada akses ke udara segar, penerangan yang cukup, serta ruang gerak yang cukup.

Freelancing bisa menyenangkan jika kamu bisa menyesuaikan gaya hidupmu sesuai pekerjaan. Jadi jangan ragu untuk bekerja dari rumah, tapi jangan lupa tips-tips di atas ya!

 

Author

:D

Leave a Reply