Kenapa ya kok aku capek banget? Capek doang atau udah burnout dan resign aja ya mending? Suka kesel deh kalo ada yang ganggu area privasi, apa sebaiknya bilang saja ke orangnya atau jangan ya?

 

LadyBird Journal – Birdies pernah mengalami pengalaman serupa ketika sulit memahami apa yang sebenarnya kita rasakan dan membuat sebuah pilihan? Bisa jadi kamu belum terlalu self-aware tuh. Emang penting ya self-awareness itu? Siap-siap nih ya, di artikel ini, akan kita jelaskan mengenai seberapa pentingnya memiliki self-awareness atau memahami diri sendiri.


Apa Itu Self-Awareness?

Self awareness merupakan sebuah kemampuan untuk dapat mengidentifikasi karakter, perasaan, maupun motif milik diri sendiri. Secara lebih spesifik, hal-hal yang perlu Birdies cari tahu mengenai diri Birdies sendiri misalnya adalah kekurangan diri, kelebihan diri, respon dalam menghadapi masalah, hal-hal yang membuat kita bersemangat, hal-hal yang membuat kita lelah, cara berkomunikasi, dan cara mengatasi kritik.

 

Pentingnya Memiliki Self-Awareness Untuk Diri Sendiri

1. Pentingnya Self-Awareness Ketika Bekerja

Jika menggunakan contoh di awal tulisan ini, saat bingung dengan keputusan apa yang harus diambil terkait dengan karir, kita bisa memahami kembali kekurangan dan kelebihan kita, hambatan apa pada pekerjaan tersebut yang membuat kurang nyaman, apakah hambatan tersebut masih dalam batas yang mampu kita toleransi atau dapat kita ubah. Sehingga akan membantu dalam proses pengambilan keputusan serta mengetahui area mana yang masih dapat kita tingkatkan.

Contohnya ketika Birdies ingin bekerja di bidang customer service, tapi Birdies tidak bisa mendengar orang marah dan teriak-teriak. Setelah berhasil melakukan identifikasi hal-hal yang belum dapat kita lakukan sesuai harapan barulah kita dapat membuat rencana untuk dapat meningkatkan kemampuan di bidang tersebut.

 

2. Pentingnya Self-Awareness Ketika Mencari Pekerjaan

Dalam konteks ketika Birdies sedang mencari pekerjaan dan mempersiapkan interview misalnya, apa yang paling penting untuk diketahui? Salah satunya adalah kemampuan yang menonjol dan berbeda dari orang lain. Mengetahui keahlian diri sendiri akan sangat membantu dalam wawancara karena kita dapat memaparkan kemampuan kita dan kelebihan dibandingkan kandidat lain.

Penting juga untuk mengetahui lingkungan seperti apa yang kita harapkan dalam bekerja, apakah lingkungan yang teratur dengan jam masuk dan pulang yang sama setiap harinya atau lingkungan yang fleksibel? Kecocokan dengan lingkungan kantor juga akan mempengaruhi performa kerja nantinya.

 

3. Pentingnya Self-Awareness Ketika Belajar Menjadi Pemimpin

penelitian American Management Association menunjukkan bahwa pemimpin yang memiliki self awareness yang tinggi memiliki kemungkin sukses lebih tinggi dibandingkan pemimpin yang memiliki self awareness yang rendah. Hal ini disebabkan pemimpin dengan self awareness yang tinggi mampu mengidentifikasi kekuragannya, kemudian akan mencari anggota tim yang dapat melengkapi dalam bidang tersebut, sehingga pekerjaan dalam tim menjadi lebih efektif.

 

4. Pentingnya Self-Awareness Dalam Hubungan Dengan Orang Lain

Disamping itu masih self awareness juga akan membantu untuk meningkatkan hubungan kita dengan orang lain. Ketika kita mampu memahami emosi dan respon fisiologis yang kita rasakan, dapat membantu untuk menyadari emosi yang dirasakan orang lain. Misalnya saya cenderung akan tersenyum sinis ketika marah, tanpa self awareness saya mungkin tidak terlalu mempedulikan bagaimana respon yang saya keluarkan saat marah.

Dengan self awareness yang tinggi saya menyadari bahwa respon yang saya rasakan, sehingga jika melihat ada rekan kerja yang berhenti bicara atau terlihat tidak nyaman, saya dapat mengevaluasi bahwa hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh respon yang saya keluarkan. Sehingga bisa membuat rencana cara mengelola emosi yang lebih baik agar tidak menyinggung orang lain.

 

Referensi

[1] Catron, Jenni (n.d). How Self-Awareness Will Make You Successful. Ditemu kembali dari thegritandgraceproject.org

[2] Guber, Peter. (2015). Self-Awareness is the Most Important Skill for Career Success. Ditemu kembali dari linkedin
[3] Tozun, D C. (2018). Entrepreneur, Know Thyself: How Self-Awareness Helps You Succeed. Ditemu kembali dari inc-asean.co

[4] Welss, Jodi. (2016). College to Career Success: Skills, Self-Awareness, and Accountability. Ditemu kembali dari huffingtonpost.com

 

Author

Leave a Reply