pentingnya rajin membaca buku untuk perempuan masa kini

LadyBird Journal – Udah di kantor harus berpikir keras dan melihat tulisan terus, di sekolah atau di kampus selalu baca, dan di rumah pun tetap harus membaca buku? Buat apa? lebih enak juga santai nonton sinetron atau ngobrol dengan teman-teman.

 

Yep bener banget, habis melewati hari yang panjang di kantor, kampus, maupun sekolah paling enak sampe rumah rebahan terus nonton sinetron atau tertawa dengan teman-teman sepermainan. Akan tetapi, segala sesuatu itu ada batasannya, begitu juga dengan menonton dan ngerumpi. Apa lagi kalau nonton dan ngerumpinya tidak berfaedah dan tidak menambah ilmu Birdies. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya, gimana sih orang penting seperti Sri Mulyani Indrawati atau Najwa Shihab bisa menjadi wanita-wanita berpengaruh di Indonesia? Jawabannya adalah dengan rajin membaca.

 

Berikut adalah manfaat membaca buku yang menjadi alasan pentingnya rajin membaca buku:

Memperluas Wawasan

Sebagai wanita yang ingin sukses dan ambisius, kita tidak pernah boleh berhenti untuk belajar dengan membaca. Dengan rajin membaca buku, kita dapat memperluas wawasan dan berimajinasi lebih jauh. Dengan rajin membaca artikel yang bermanfaat, kita dapat mengimplementasikan wawasan yang kita dapat ke dalam kehidupan yang sebenarnya. Tanpa perlu membeli tiket pesawat jutaan rupiah ke Amerika, dengan membaca kita dapat mengetahui apa sih yang sedang terjadi di Amerika dari ekonomi sampai dengan gaya hidup. Kemudian, dengan bertambahnya wawasan, kita dapat lebih mudah untuk berkomunikasi dengan berbagai kalangan dari latar belakang yang berbeda.

 

Open-minded (Berpandangan Terbuka)

Dengan rajin membaca buku, kita mendapatkan berbagai macam pencerahan yang dapat diterapkan ke dalam kehidupan sosial kita sehari-hari. Dengan memiliki banyaknya pengetahuan, kita dapat menjadi orang yang open-minded atau orang yang tidak mudah berprasangka. Kita akan lebih memilih untuk melakukan riset terlebih dahulu dan membaca sebelum memutuskan, menilai, dan menghakimi sesuatu. Karena segala hal yang ingin kita ketahui pasti ada di dalam buku. Orang yang cerdas adalah orang yang memutuskan segala sesuatu berdasarkan pengetahuan dan berbasis fakta.

 

Mengurangi Kemungkinan Hilang Ingatan

Rutin membaca buku dapat mengurangi kemungkinan setiap orang untuk terkena penyakit Demensia dan Alzheimer. Kedua penyakit ini menyebabkan seseorang untuk menjadi mudah lupa atau malah lupa ingatan. Dengan membaca buku, kita mewajibkan otak kita untuk selalu bekerja dengan mengingat dan berpikir. Dengan melakukan hal itu, otak kita tersimulasi secara mental. Contohnya Warren Buffett, beliau adalah salah satu investor memiliki kekayaan sekitar USD 84 Milyar. Saat ini,di umurnya yang berusia 87 tahun, beliau masih aktif di dalam perusahaannya dan alasannya adalah karena beliau rajin membaca.

 

Berpikir Kritis

Membaca dapat meningkatkan kemampuan otak kita untuk berpikir lebih kritis. Kemampuan dalam berpikir kritis sangatlah penting dalam dunia pekerjaan. Apa lagi untuk kamu yang ambisius dan ingin memiliki karir jangka panjang yang gemilang. Membaca mengasah otak kamu untuk lebih tajam dan membuat seseorang untuk memproses informasi, tidak seperti saat menonton televisi yang sudah ada gambaran visualisasinya.

 

Meningkatkan Berbagai Macam Kemampuan

Pada dasarnya, kemampuan apapun yang kamu inginkan dapat dimiliki dengan membaca buku dan kemudian kamu implementasikan di kehidupan sehari-hari. Terutama kemampuan menulis dan berbicara. Terlihat bedanya cara menulis dan berbicara seseorang yang rajin membaca dan tidak. Kosa kata orang yang rajin membaca juga lebih banyak dan terlihat lebih intelektual.

 

So Birdies, sudah keliatan kan pentingnya rajin membaca buku? Bagi kamu yang ingin mempunyai karir bagus secara jangka panjang, rajinlah membaca. Dengan membaca kamu akan menjadi wanita yang cerdas dan bisa saling membantu negaramu serta wanita-wanita lain untuk memiliki kehidupan yang lebih maju.

Author

To travel is to conquer the world

Leave a Reply