LadyBird Journal – Pernah bertanya tanya kenapa perempuan nggak boleh gemuk? Apa iya karena gemuk membuat kita tidak lebih cantik dari mereka yang berbadan proporsional? Tenang aja umumnya perempuan pasti pernah merasa seperti itu. Tapi apa sih sebenarnya alasan perempuan tidak boleh kegemukan?

 

Pada dasarnya postur tubuh setiap orang itu berbeda beda. Yang memiliki tubuh tinggi wajar kalau beratnya lebih dibanding yang tubuhnya lebih rendah, karena mereka punya tulang yang lebih berat bobotnya. Ada juga perempuan yang beratnya lebih dikarenakan punya payudara atau bokong yang lebih besar, menjadikan perempuan berjenis badan ini memiliki berat yang lebih. Tenang aja, payudara atau bokong yang besar adalah Anugerah dari Tuhan, bersyukurlah, gals.

 

Akan tetapi, bagaimana kalau tinggi tubuh kita sudah rata-rata, payudara atau bokong juga ukuran normal tapi berat tetap over? Itu tidak baik gals! Alasan semua ahli gizi dan dokter mengatakan kegemukan tidak baik adalah karena tidak sehat. Ok, pertama-tama, apakah kalian sebenarnya tahu pengertian dari kegemukan di dunia kesehatan?National Cancer Institute menjelaskan kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki jumlah lemak tubuh yang tidak sehat. Menurut U.S Department of Health and Human Services, kegemukan akan menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti berikut,

  • Diabetes,
  • Penyakit jantung,
  • Beberapa jenis kanker, termasuk kanker endometrial. Tahukah kalian kalau perempuan yang kegemukan lebih mudah 2 sampai 4 kali lipat terkena kanker endometrial?

 

So gals, sebenarnya, alasan utama perempuan, maupun laki-laki, nggak boleh gemuk adalah karena penyakit-penyakit yang akan timbul, bukan karena menyebabkan seseorang menjadi tidak cantik atau tidak menarik. Mulai sekarang berpikirlah untuk apa yang terbaik untuk tubuhmu. Sebagai wanita profesional yang memiliki ambisius tinggi, kita harus selalu menjaga kesehatan, jangan meremehkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Apa yang sehat belum tentu enak, dan apa yang enak belum tentu yang kamu butuhkan.

Recommendation: setiap orang punya badan yang berbeda, tapi kalau kamu mau tahu apakah kamu sudah sebaiknya mulai menjaga apa yang di makan dan di minum, bisa hitung dengan Body Mass Index (BMI).

Author

To travel is to conquer the world

Leave a Reply