Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kering

LadyBird Journal – Ada beberapa alasan kulit menjadi kering, tapi pada dasarnya kulit kering terjadi karena permukaan kulit terganggu dan menjadi rusak. Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam, yaitu genetik, pengaruh lingkungan, paparan sinar matahari, pengaruh iklim, kesehatan, atau berbagai kombinasi di antaranya.

 

Tipe produk skincare yang kamu pakai juga bisa menjadi faktor kesehatan kulitmu jika produk tersebut menganduk bahan yang terlalu keras untuk permukaan kulit. Apapun penyebabnya, akibatnya adalah kulitmu tidak bisa mempertahankan kelembabannya.

 

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kering

Bagaimana cara mengatasinya? Dengan memperbaiki permukaan kulit sehingga kulitmu bisa tetap terhidrasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Hindari produk-produk dengan bahan-bahan yang keras atau bisa membuat kulitmu iritasi, seperti alkohol, peppermint, menthol, citrus, dan parfum

 

2. Hapus makeup menggunakan cleansing oil atau micellar water. Beberapa penghapus makeup mengandung alkohol dan bisa membuat kulit keringmu lebih kering lagi ketika digunakan secara rutin. Untuk menghapus makeup dengan efektif, gunakan micellar water yang memang berformula lembut dan bisa membersihkan dan menghidrasi kulit secara bersamaan.

Rekomendasi produk: Garnier Micellar Water, The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Oil

 

3. Gunakan sabun cuci muka dengan pH yang sesuai dengan kulit kita (pH 4-6) yang bisa menghilangkan minyak dan kotoran serta menjaga kulit kita tetap bersinar, kenyal, dan mampu bertahan dari pengaruh luar seperti polusi.

Rekomendasi produk: CosRX Good Morning Cleanser, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

 

4. Eksfoliasi kulit secara rutin untuk membantu meluruhkan lapisan kulit mati. Cara yang paling lembut dan tidak mengiritasi kulit adalah dengan menggunakan eksfolian AHA atau BHA yang telah diformulasikan dengan baik. Pastikan produk-produk acid ini cocok untuk kulitmu.

Rekomendasi produk: The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

 

5. Tambahkan 20 menit dalam rutin skincare­-mu untuk menggunakan sheet mask beberapa kali dalam seminggu supaya kulitmu bisa mendapatkan ekstra kelembaban.

Rekomendasi produk: Etude House Therapy Air Mask Sheet, Innisfree It’s Real Squeeze Mask Sheet

 

6. Gunakan sunscreen setiap hari, sekalipun kamu akan berada dalam ruangan seharian. Ketika kulit mengalami kerusakan dari paparan sinar matahari tanpa perlindungan, kulit lama-lama akan kehilangan kemampuan untuk menjaga kelembabannya. Kulit kering juga rentan terhadap keriput dan penuaan, sehingga menggunakan sunscreen berkualitas baik akan membantu kulitmu menunda penuaan tersebut.

Rekomendasi produk: Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

 

7. Gunakan essence, serum, dan krim pelembab yang mengandung antioksidan, bahan-bahan yang menutrisi kulit, serta bahan-bahan yang memperbaiki kulit. Bahan-bahan ini sangat penting agar kulit bisa membangun kembali dirinya sendiri, mempertahankan kelembaban, dan terasa lembut dan berseri. Contoh bahan-bahan tersebut adalah dimethicone, yaitu silikon yang bisa menahan kelembaban, hyaluronic acid, plant-based oil, snail mucin, dan lain-lain.

Rekomendasi: Cosrx Advanced Snail 96 Mucin Power Essence, Pyunkang Yul Moisture Serum, Klairs Rich Moist Soothing Cream, The Ordinary 100% Plant-Derived Squalane

 

Ingatlah bahwa kulit kita berbeda-beda sehingga semua produk skincare akan bereaksi dengan berbeda juga di tiap orang. Tidak ada produk yang bisa cocok untuk semua orang, yang penting selalu perhatikan kebutuhan kulitmu dan gunakan perawatan yang paling sesuai dengan kulitmu.

 

Referensi:

[1] Gambar: Pinterest

Author

:D

Leave a Reply