Bicara tentang cara menjaga Kesehatan Mental yang Lebih Baik

 

LadyBird Journal – Pernah nggak kalian merasa lelah dengan keseharian kalian? Atau mungkin merasa kehilangan ketertarikan terhadap hobi? Bisa jadi itu hanya tanda jenuh sesaat. Tapi, bisa juga itu tanda bahwa kesehatan mental kamu sedang kurang baik loh. Karenanya penting untuk kita tahu cara menjaga kesehatan mental

 

Pengaruh Kesehatan Mental

Kesehatan mental (mental health) biasanya dilihat dari kesejahteraan emosional, psikologis dan sosial kita yang kemudian memengaruhi bagaimana kita berpikir, berperilaku dan merasakan emosi. Kesehatan mental juga berpengaruh pada bagaimana kita mengatasi stress, berhubungan dengan orang lain (dengan pasangan, teman, keluarga dan lainnya), dan juga bagaimana kita mengambil keputusan.

 

Masalah kesehatan mental bisa muncul kapan saja, dan dipengaruhi oleh banyak faktor.  Diantaranya seperti biologis, pengalaman hidup, maupun sejarah kesehatan mental keluarga. Gaya hidup seperti pekerjaan, tempat tinggal serta kebersihan lingkungan juga menjadi pengaruh yang cukup besar untuk menentukan kesehatan mental kita.

 

Manfaat Memiliki Kesehatan Mental Yang Baik

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, kesehatan mental memengaruhi bagaimana kita berpikir dan berperilaku. Mentalhealth.gov, badan pemerintahan Amerika Serikat yang khusus menangani kesehatan mental menuliskan bahwa mereka yang memiliki kesehatan mental yang baik dapat mencapai potensi maksimal mereka, dapat menangani tekanan dari berbagai aspek kehidupan, dapat bekerja dan berkarya dengan produktif serta dapat berkontribusi dengan baik untuk komunitas dan masyarakat di sekitarnya. Namun dalam praktiknya, kesehatan mental jarang sekali diperhatikan. Biasanya orang akan menganggap masalah kesehatan mental mereka sebagai masalah kecil sehingga tidak terawat, dan beberapa bisa menjadi masalah yang makin besar.

 

Cara Menjaga Kesehatan Mental Yang Baik

Ada beberapa cara menjaga kesehatan mental yang dapat kita lakukan. Hal-hal ini bisa kita lakukan sebagai individu untuk diri kita sendiri, sebagai teman, saudara dan pasangan, maupun dilakukan oleh kita semua sebagai bagian dari komunitas. Berikut adalah cara menjaga kesehatan mental bagi diri:

 

1. Membangun/Menjalin hubungan yang kuat

salah satu cara menjaga kesehatan mental dengan menjalin hubungan yang kuat

Hal paling dasar yang bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri adalah membangun hubungan dengan peer (teman terdekat kita) yang dapat membantu kita jika kita sedang mengalami masalah kesehatan mental, atau membantu kita memantau kesehatan mental kita secara rutin. Jaringan peer ini bisa siapa saja; teman terdekat, keluarga, rekan kerja yang kita percaya, maupun pasangan.

 

2. Membantu orang lain

membantu orang lain sebagai cara menjaga kesehatan mental

Selain mengumpulkan network dengan peer untuk diri kita sendiri, kita juga bisa berusaha untuk menjadi bagian dari hidup mereka. Tristen Inagaki dan rekannya menerbitkan penelitian di tahun 2016 yang menunjukkan bahwa memberi dan menerima bantuan mempunyai efek psikologis yang positif. Bahkan mereka yang hanya memberikan bantuan juga dinilai mengalami tingkat stress yang rendah.

 

3. Menjaga kesehatan fisik

Faktor biologis, seperti gen dan bagaimana otak kita bekerja juga mempengaruhi kesehatan mental kita. Memastikan kesehatan fisik kita tetap terjaga, seperti dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu merawat faktor biologis tersebut sehingga kesehatan mental kita semakin terjaga.

 

4. Mencari bantuan profesional jika dibutuhkan

mencari bantuan profesional

Terkadang kita menganggap bahwa masalah yang kita hadapi cukup ringan. Namun jika masalah ringan tersebut tidak kita atasi sesegera mungkin, seperti dengan masalah kesehatan fisik, akan dapat menjadi masalah yang lebih besar. Mencari bantuan profesional tidak hanya berguna jika kita merasakan “gangguan” yang membuat kita kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga berguna jika kita ingin meningkatkan kinerja kita dalam berbagai aspek kehidupan.

 

5. Menyediakan tempat aman bagi komunitas untuk berbagi

komunitas untuk kesehatan mental

Kita hidup dalam suatu komunitas bersama dengan orang yang beragam, baik dalam lingkungan rumah, pekerjaan, sekolah atau tempat kuliah, maupun komunitas-komunitas. Menghadapi berbagai individu dengan kebutuhan dan permasalahan yang berbeda dapat berdampak pada interaksi kita dengan individu-individu tersebut. Dengan menyediakan tempat aman bagi mereka untuk berbagi masalah dan berdiskusi mengenai solusi yang bisa mereka lakukan, kita dan orang-orang di sekitar kita dapat membangun rasa percaya dan menguatkan hubungan kita.

 

Referensi:

https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health

https://www.surgeongeneral.gov/priorities/prevention/strategy/mental-emotional-well-being.pdf

https://www.scientificamerican.com/article/does-city-life-pose-a-risk-to-mental-health/

https://journals.lww.com/psychosomaticmedicine/Citation/2016/05000/The_Neurobiology_of_Giving_Versus_Receiving.7.aspx

Leave a Reply