LadyBird Journal – Job Burnout adalah serangkaian reaksi fisik, emosional, dan mental yang muncul sebagai respon dari stres berkepanjangan dan terlalu banyak bekerja dan berkontribusi kepada anxiety, depresi, dan masalah-masalah emosi. Job Burnout adalah kondisi berbahaya yang terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, penting bagi Birdies yang profesional untuk paham dalam mengatasi Job Burnout:

1. Mulai dengan tubuhmu.

Makan makanan yang bergizi, mulai berolahraga, yoga, dan meditasi, serta gunakan waktu bermain handphone untuk mengistirahatkan matamu. Yoga, meditasi, olahraga, dan tidur akan memperbaiki tingkat fokus, konsentrasi, dan tenagamu, sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas-tugasmu dengan lebih efektif dan efisien.

2. Tentukan akar masalahmu.

Puluhan tahun penelitian telah mengerucutkan masalah-masalah pekerjaan ke dalam enam hal: workload yang berat, kurangnya kontrol, imbalan yang tidak cukup, ketidakadilan, kurangnya rasa komunitas, dan pekerjaan yang tidak sesuai dengan

3. Ketika kamu sudah tahu apa akar masalahmu, sekarang coba bayangkan masa depan yang kamu inginkan.

Lawan dari job burnout adalah job engagement. Pikirkan hal-hal apa yang bisa membuatmu engaged dengan pekerjaanmu. Di mana kamu ingin berada? Hal-hal apa saja yang harus ada di tempat kerja idealmu? Bagaimana kamu bisa mengontrol pekerjaanmu dan membuat keputusan-keputusanmu sendiri dan bukan hanya mengerjakan apa yang diminta?

4. Diversifikasi waktumu.

Ketika mengalami burnout, kita bisa menjadi one-dimensional—hidup hanya diisi oleh bekerja dan pulang ke rumah. Ambil waktu untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan dan bukan apa yang harus kamu lakukan. Tanya dirimu sendiri apa hal-hal apa yang memberimu kesenangan dan lakukan itu.

Author

:D

Leave a Reply