Berikut 5 Cara Membantumu Menentukan Pekerjaan Impian

LadyBird Journal – Ketika kamu mengingat jaman kamu masih kecil, duduk di bangku sekolah dasar, masih ingatkah cita-cita kamu? Banyak anak-anak yang selalu menjawab pengacara atau dokter, dan pada akhirnya mereka memang dapat mencapai cita-cita tersebut. Tetapi, jika kamu belum punya cita-cita, dan tidak tahu bagaimana meraihnya, gak apa-apa juga kok!

 

Hal seperti itu memang sangat normal ditemukan di kalangan orang seumuran kita. Diberitakan oleh Forbes bahwa memang generasi milenial selalu melakukan apa yang dinamakan ‘job-hopping’, di mana kita pindah dari satu kerjaan ke kerjaan lain demi menemukan pekerjaan yang sungguhnya pas bagi kita. Terdengar familiar bukan untuk kita semua?

 

Alih-alih, malah kita yang jadi bingung dan akhirnya memikirkan, “Gimana sih cara menemukan karir yang benar-benar aku suka?” Pertama, sangat bagus untuk kamu mulai mempertanyakan hal ini. Dari situ, kita bisa mulai untuk mengasah satu tujuan yang dapat menyalakan lampu ide sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan pekerjaan yang cocok dan sesuai untuk dirimu.

 

1. Buatlah daftar skill dan talent kamu

Mulai dengan menganalisa diri kamu sendiri.  Menentukan pekerjaan yang cocok untukmu dapat dimulai dengan aware dengan kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Contoh yang biasa orang lakukan adalah dengan melakukan tes psikotes atau menilai dirimu sendiri dengan melakukan tes kepribadian Myers-Briggs. Tidak berarti dengan mengambil tes atau membuat daftar tersebut dapat memberi kita pekerjaan impian dengan gampang, tetapi hal ini dapat membantu kita dalam memperlihatkan strengths dan weaknesses kita sebagai makhluk sosial, apalagi jika ditempatkan dalam posisi karir.

 

2. Review kembali pengalaman pekerjaan lamamu

Apa yang paling kamu suka dan yang paling tidak sukai tentang perusahaan sebelumnya dan juga budaya perusahaannya? Apa yang paling kamu sukai dan paling tidak sukai tentang bos kamu? Apa yang paling kamu suka dan paling tidak sukai tentang orang-orang yang bekerja denganmu? Apa hal yang paling menantang tentang bekerja di sana? Kapan kamu paling bahagia atau paling bangga? Apa pencapaian terbesar kamu? Apa yang paling kamu sukai dan paling tidak tentang tanggung jawab kamu? Pertanyaan-pertanyaan ini wajib kamu tanyakan setiap kali kamu mencari pekerjaan impianmu.

 

3. Lingkungan pekerjaan itu penting!

Kamu harus cari tahu dulu bagaimana lingkungan pekerjaan yang menurut kamu penting dalam perkembangan karir kamu. Mungkin kalau di pekerjaan lamamu, lingkungannya tidak mementingkan sense of community, kamu merasa akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan di mana kolaborasi dijunjung tinggi. Jika kamu belum tahu, coba untuk freelance terlebih dahulu, apakah ada hal positif yang bisa kamu ambil? Hal ini juga berlaku kalau kamu merasa bosan, mungkin memang kamu membutuhkan lingkungan pekerjaan di mana ada banyak orang yang melakukan apa yang kamu lakukan juga.

 

4. Bangun jaringanmu sendiri

Kamu pernah bekerja freelance dengan salah satu employer di masa lalu? Atau asisten dosen yang sekarang bekerja di bidang akademis? Atau bahkan teman masa kuliah yang sekarang sedang membangun karir sebagai seniman? Apapun itu, build your own network! Penting bagi kita di jaman sekarang untuk mulai berteman dengan orang-orang yang mungkin dapat membantu kamu mencapai pekerjaan impian kamu. Jangan membatasi diri kamu dengan orang yang kamu kenal atau sudah terhubung dengan cara tertentu dan dari lama saja, mulai buka media sosial kamu seperti LinkedIn untuk mencari tahu bagaimana caranya bisa berkenalan dengan mereka secara profesional.

 

5. Lakukan apa yang membuatmu bahagia

Memang sangat klise tip terakhir ini. Tetapi manjur adanya; karena apa gunanya jika kamu mempunyai pekerjaan yang kamu incar dan pada akhirnya tidak membuatmu bahagia? Jika kamu menyukai apa yang kamu lakukan dan rela untuk melakukannya dengan tidak dibayar, kan lebih asik untuk dibayar. Cobalah untuk memilih pekerjaan yang membuat kamu senang dan membuat kamu tumbuh dan belajar lebih banyak lagi

 

Referensi:

[1] “How to Find Your Dream Job (When You Dont Know What You Want).” Levo League. July 16, 2015.

[2] “Here’s How to Determine What Your Dream Job Is.” Classy Career Girl. April 20, 2017.

 

Author

Simply Complicated ;)

Leave a Reply