LadyBird Journal – Self-concept (gambaran/persepsi/pandangan kamu terhadap diri kamu sendiri) yang sehat merupakan hal penting yang perlu dimiliki setiap individu. Lalu bagaimana jika ternyata kita memiliki self-concept yang nggak sehat? Tenang, hal ini bisa diubah kok. Tapi perlu diingat ya, mengubah self-concept mungkin nggak akan gampang. Butuh kesabaran, waktu, dan usaha yang besar karena kurang lebih kamu perlu mengubah kebiasaan atau cara pikir kamu yang nggak baik.  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki self-concept yang nggak sehat, diantaranya sebagai berikut:

 

Membuat komitmen janji dengan diri sendiri untuk mau berubah

Sadar bahwa keadaan nggak bisa sama lain dan kamulah orang yang bertanggung jawab dalam hidupmu dan atas perubahan yang harus dibuat supaya self-concept bisa ter-improve.

 

Cari tahu siapa sebenarnya diri kamu dan coba improve dirimu menjadi orang tersebut

Mungkin terdengar aneh ya. Kamu pasti mikir kamu sudah sangat tahu siapa diri kamu. Tapi, yakin nggak itu sudah mewakili diri semua layer diri kamu?

Untuk memperbaiki self-concept agar menjadi sehat, kamu harus bisa mengidentifikasi siapa diri kamu sekarang dan siapa diri kamu yang ada di masa depan yang kamu inginkan (ideal self). Tanyakan kamu ingin menjadi pribadi seperti apa

Namun, perlu diingat, tetap harus realistik ya gambaran ideal self-nya kaya gimana. Soalnya kalau terlalu tinggi, nanti balik lagi kamu tetap merasa kurang terus.

 

Ubah juga fisiologi diri

Tenang, bukannya menyarankan kamu untuk menjadi ‘cantik’ menurut standar sosial yang ada kok. Fisiologi disini maksudnya lebih kepada cara kamu bergerak, gestur tubuh, postur, ekspresi muka, dan lainnya. Kenapa ini penting?

Karena pikiran dan badan kita itu saling berhubungan satu sama lain dan saling memengaruhi. Jadi maksudnya, apa yang kamu rasakan itu memengaruhi fisiologi kamu begitu pula sebaliknya.

Sekarang coba evaluasi, ketika jalan atau bergerak, kamu bergerak dengan percaya diri nggak? Atau kamu malah lebih sering nunduk dan lunglai. Dengan merubah fisiologi, nantinya akan memperbaiki pikiran kamu juga dan ujungnya, self-concept kamu pun bisa menjadi lebih sehat. Jadi mulai sekarang coba benerin postur tubuh kamu, perbanyak senyum, dan jangan lunglai lagi.

 

Improve gaya hidup

Coba tanyakan pada diri, kamu mau hidupmu seperti apa sih? Seberapa sering seharusnya diri kamu yang ideal itu olahraga? Makanan apa yang akan dikonsumsi? Lingkungan kaya apa yang bikin kamu produktif bekerja? Apa hobi atau kegiatan yang bikin kamu bahagia?

Penting untuk tahu hal-hal tersebut supaya kamu bisa lebih mengenal diri kamu dan mengubah keadaan yang sekarang masih B aja.

 

Perkuat rasa percaya diri

Biasanya, orang yang memiliki self-concept nggak sehat itu agak struggle dengan self-confidence. Karena ketika struggle sama self-confidence, kamu jadi rentan takut akan penolakan, kritik, maupun judgement orang lain. Hal-hal inilah yang bikin cara kamu melihat diri sendiri (self-concept) nggak sehat.

 

Terus gimana caranya memperkuat rasa percaya diri? Yang paling mudah, kamu harus mulai mengeksplor self-love. Sebelum kamu bisa merasa percaya diri di dunia yang kejam ini, rasa tersebut harus kamu dapat dari internal diri dulu yang asalnya dari self-love.

 

Memiliki self-love artinya kamu bisa menerima diri sendiri dengan segala kekurangan yang ada. Kamu merasa nyaman sama diri kamu nggak peduli kata orang lain. Tapi ini bukan berarti kamu jadi nggak merawat diri dan nonton TV doang seharian tiap weekend ya. Coba mulai habiskan waktu untuk merawat diri. Bisa ke salon atau olahraga.

 

Kuncinya, kamu harus bisa memiliki hubungan yang baik dengan diri kamu sendiri. Connect with yourself, kalo bahasa inggrisnya. Baru kamu akan mendapatkan rasa percaya diri yang sesungguhnya

 

Menambah pengetahuan dan skill

Ideal-self yang kamu bayangin dari diri kamu sendiri di masa depan pasti memiliki skill, pengetahuan, dan kemampuan tertentu. Nah, coba deh kamu identifikasi apa-apa saja sih skill dan pengetahuan ini. Dari sini, kamu bisa berusaha mengisi gap kekurangan diri kamu sekarang dengan ideal-self kamu.

 

Coba deh mulai banyak baca buku, ikutan course-course online, ikut jadi relawan untuk topik-topik yang kamu peduliin, atau mulai bangun hubungan baik dengan orang-orang yang punya skill atau pengetahuan yang kamu pengen punya. Jadi kamu merasa punya teman atau mentor di dalam perjalanan kamu mejadi diri kamu yang ideal.

 

Bangun support system yang kuat

Nah, nyambung dengan poin sebelumnya, baiknya kamu memiliki teman untuk berbagi di sepanjang perjalanan kamu memperbaiki diri. Kamu mungkin akan butuh teman cerita di saat sulit. Inget ya, kamu nggak perlu malu karena butuh seseorang sebagai tempat emotional support kamu loh. Karena ini hal yang sangat normal. Jangan terus ngerasa nggak strong karena butuh cerita. Sebaliknya, kamu sangat strong dan humanis karena mau berbagi.

 

Yang penting, orang itu kamu pastikan orang yang positif, kreatif, dan peduli sama kamu. Mereka seharusnya orang-orang yang memiliki jiwa yang riang dan semangat. Kalau kamu punya mereka, mereka bisa membuat kamu tetap termotivasi, fokus, dan terinspirasi menjadi diri kamu yang ideal.

 

Kalo kamu merasa masih bingung mau cerita atau sharing kemana, kamu bisa mulai sharing di Birdies Forum. Atau kalo mau yang lebih personal, kirim aja cerita kamu ke email dila@ladybirdjournal.com. Secepat mungkin saya akan membalas dan menjadi support system kamu!

 

Buat goal atau tujuan hidup yang menginspirasi

Kesannya sulit ya? Jangan stres dulu, karena itu hanya kesannya aja kok. Punya tujuan hidup yang menginspirasi artinya hidup kamu punya arti lebih supaya kamu selalu termotivasi dan aktif. Memang sih agak berat dan butuh sedikit kontemplasi. Tapi ini penting, jadi nggak ada salahnya kita jadi filsuf sehari untuk cari tahu tujuan hidup kita sebenarnya apa. Tanyakan pada diri:

Apa goal yang ingin ideal-self kamu capai?

Apa tujuan hidup yang ingin kamu perjuangkan?

Hal-hal apa yang menginspirasi dan memotivasi ideal-self kamu?

 

Setelahnya, coba kamu set goal dan rencana nyata untuk mencapainya. Lagi-lagi ini digunakan untuk mengisi gap kekurangan antara diri kamu sekarang (self-image) dengan diri kamu yang ideal (self-ideal) di masa depan. Itulah kira-kira bagaimana cara mengubah self-concept diri. Semoga bermanfaat yaa

 

*Sumber: Situs IQ Matrix

Author

Simply Complicated ;)

Leave a Reply