Bagaimana cara tetap sehat ketika bekerja keras?

LadyBird Journal – Sebagai pekerja profesional yang sedang meniti karir, pastinya pekerjaanmu menuntut stamina tubuh yang kuat untuk bisa menyelesaikan banyak tugas setiap harinya. Bekerja dalam waktu yang panjang akan melelahkan bagi tubuh dan pikiranmu, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memprioritaskan kesehatanmu, tak peduli seberapa sibuknya pekerjaanmu. Menjaga kesehatan akan memberimu lebih banyak energi sehingga kamu juga bisa lebih produktif dan bisa mencapai tujuan-tujuan dalam karirmu dengan lebih efektif. Berikut adalah tips-tips yang perlu kamu ingat untuk menjaga stamina tubuhmu!

 

Istirahat yang cukup

Jangan korbankan waktu tidurmu untuk menyelesaikan pekerjaan. Mengurangi waktu tidur adalah solusi jangka pendek yang akan berakibat buruk pada tubuhmu. Kurang tidur bisa mendorongmu ke pola hidup yang tidak sehat dimana kamu kekurangan tidur sehingga tidak produktif, kesehatan menurun, mood tidak baik. Pastikan kamu tidur yang cukup setiap harinya dan hal-hal yang lain juga pasti akan ikut berjalan lancar.

 

Jika kamu sering kesulitan tidur, buatlah rutin sebelum tidur. Temukan aktivitas yang bisa membuatmu rileks dan membantumu merasa ngantuk. Contohnya, mendengarkan podcast atau membaca adalah kegiatan rileksasi saya sebelum tidur. Mulailah kegiatan ini sekitar sejam sebelum jadwal tidurmu, yaitu setidaknya 8 jam sebelum waktu bangun.

 

Tidur yang cukup adalah hal yang paling penting dalam menjaga dan membangun stamina tubuhmu. Ketahui batasan-batasan tubuhmu sendiri dan selalu perhatikan tanda-tanda yang disinyalkan oleh tubuhmu. Ketika kamu sudah merasa gejala sakit, atau staminamu tidak sebagus biasanya, perbanyaklah istirahat.

 

Jadwalkan downtime

Setiap hari, jadwalkan waktu untuk downtime, misalnya satu atau dua jam untuk rileks dan beberapa jam untuk bertemu dengan teman dan keluarga tiap minggunya. Jika kamu punya hobi lain, luangkan waktu untuk menjalankan hobi tersebut juga. Gunakan waktu santaimu untuk melakukan hal-hal yang bisa mengistirahatkan pikiran dan tubuh dari pekerjaan.

 

Olahraga dan makan teratur

Buatlah jadwal olahraga setiap harinya selama minimal 30 menit. Kalau kamu tidak punya cukup waktu di pagi hari atau terlalu lelah untuk berolahraga di malam hari, coba saja yoga di tengah hari di meja kerjamu. Selain mengolah tubuhmu, yoga juga bisa membantu mengembalikan fokus sehingga kamu juga bisa melanjutkan kerja dengan semangat baru. Selain berolahraga, jangan lupa untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi tubuhmu juga sudah tercukupi. Selain makanan berat yang bergizi, perbanyaklah minum air putih dan makan buah.

 

Bekerja di dua posisi secara bergantian

Jangan terlalu banyak duduk di saat bekerja. Bekerja sambil berdiri tidak hanya baik untuk posturmu, tapi juga membuat sistem sarafmu cepat lelah sehingga membantumu lebih cepat tertidur di malam hari. Kamu juga akan lebih mudah fokus ketika berdiri, jadi berdirilah ketika kamu sedang mengerjakan tugas yang membutuhkanmu untuk bisa berpikir cepat (misalnya ketika menerima telfon) dan kamu bisa duduk ketika mengerjakan tugas yang lebih santai.

 

Meditasi

Meditasi satu kali setiap hari. Meditasi telah terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita, terutama dalam mengurasi stres. Meditasi bisa dilakukan dengan sesimpel duduk bersandar, pejamkan mata, dan fokus ke pernafasanmu selama dua menit. Lakukanlah meditasi secara rutin, karena melakukan meditasi dengan konsisten lebih penting dibandingkan melakukannya dalam waktu lama. Selain membantu meningkatkan stamina tubuh, meditasi juga bisa berpengaruh baik pada kesehatan mentalmu.

Selain cara-cara di atas, hindarilah bekerja lembur terlalu sering dan lama dengan cara mengatur waktu kerjamu dengan lebih efektif dan efisien. Tubuh dan otakmu juga mempunyai batasan-batasan yang tidak bisa kamu abaikan. Jangan lupa bahwa kesehatanmu lebih penting daripada karirmu!

Author

:D

1 Comment

Leave a Reply