LadyBird Journal – Birdies, pernah nggak kalian tiba-tiba ditunjuk untuk presentasi di hadapan para atasan dan divisi lain, tapi panik karena ngerasa nggak bisa bicara di depan umum dengan baik.  Gimana tuh ya? Intinya pernah nggak merasa bahwa dirimu tidak cukup baik? Padahal bagaimana kita memandang diri kita tentunya berpengaruh dalam keputusan yang kita ambil di dalam hidup. Coba yuk baca bagaimana cara meningkatkan percaya diri berikut:

1. Bicara dengan diri sendiri dan orang-orang terdekat

Salah satu elemen paling penting dari proses meningkatkan kepercayaan diri adalah mengenal diri kita seutuhnya. Mengetahui kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Beberapa orang menggantungkan rasa percaya dirinya pada banyaknya uang yang dimiliki, bagaimana dengan Birdies?

Hal-hal apa yang menurut Birdies penting dan mempengaruhi rasa percaya diri Birdies? Jika proses berbicara dengan diri sendiri dirasa sulit, kita juga bisa bicara dengan orang terdekat untuk membantu proses identifikasi ini.  Kita akan lebih dapat menghargai dan mencintai diri dengan segala kekurangan dan kelebihan jika sudah paham akan diri sendiri. Birdies bisa coba dengan menuliskan 10 kekurangan dan kelebihan diri sendiri.

2. Renungkan dari mana pikiran negatif tentang diri sendiri muncul

Pikiran negatif tentang diri sendiri biasanya muncul dari mendengarkan pandangan orang lain tentang diri kita. Sering mendengar pandangan negatif dari orang lain lama kelamaan membuat kita mulai percaya bahwa hal tersebut benar.

Misalnya Birdies sering dibilang tidak bisa tampil di depan umum. Mungkin awalnya Birdies biasa saja saat tampil di depan umum, tapi karena sering mendengar komentar negatif jadinya Birdies percaya pada pendapat orang lain, dan mulai muncul rasa tidak pd. Sekarang coba cari tahu dulu, apakah kita benar-benar tidak bisa atau kurang percaya diri karena sering mendengar komentar negatif dari orang lain? Rencana perubahan akan lebih mudah dibuat ketika Birdies tau sumber dari pikiran negatif.

3. Gunakan kalimat positif untuk menyemangati diri

Perkataan positif ternyata dampaknya sangat besar loh. Penelitian yang dilakukan oleh Thomas Boyce, Ph.D menunjukkan bahwa memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri dapat menurunkan gejala depresi. Sehingga kalau misalnya kamu merasa tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu. Daripada berkata “Udah lah nggak akan bisa, aku memang nggak bisa tampil” kamu bisa menggantinya dengan “Ada yang harus aku perbaiki untuk bisa tampil maksimal, tapi aku pasti bisa”

4. Buat ekspektasi yang realistis

Contohnya kita tidak percaya diri berbicara di depan umum, setelah meyakinkan diri akhirnya tetap mencoba untuk tampil. Disinilah pentingnya membuat tujuan yang realistis. Bayangkan mana yang akan lebih kecewa, orang yang membuat tujuannya mendapatkan tepuk tangan meriah atau orang yang tujuannya berhasil menyampaikan materi sampai akhir? Jika kita menetapkan tujuan yang terlalu tinggi dapat berakibat kegagalan, sehingga semakin meningkatkan rasa tidak percaya diri. Sebaiknya buat tujuan yang realistis dan masih dapat dicapai.

5. Berbuat baik pada orang lain

Banyak cara untuk berbuat baik untuk orang lain, datang ke panti asuhan dan membuat program mendongeng untuk anak-anak disana misalnya. Dengan berbuat baik pada orang lain, kita fokus pada hal-hal diluar diri sendiri. Ketika melakukan perbuatan baik pada orang lain, kita dapat mempelajari hal-hal baru dan lebih menghargai hal-hal yang kita miliki saat ini. Selain itu hal ini menunjukkan bahwa ada hal-hal yang dapat kita berikan untuk menjadikan hari-hari orang lain lebih baik. Hal ini dapat meningkatkan perasaan positif pada diri sendiri.

6. Hargai pencapaianmu, itu bukan kebetulan

“Aku berhasil hari ini, ah tapi ini cuma kebetulan”. Apakah kalimat ini terdengar familiar untuk Birdies? Mencoba untuk rendah hati dan tidak percaya diri berbeda loh ya. Jika kita tidak pernah mengakui pencapaian, semua hal-hal baik yang terjadi akan dianggap sebagai kebetulan dan bukan kelebihan diri. Lebih baik jika Birdies mengakui ketika kamu sudah mencapai sesuatu sehingga dapat memupuk rasa percaya dirimu. Ini bukan kebetulan, kamu sudah selangkah lebih maju 😊

 

Proses untuk meningkatkan kepercayaan diri memang tidak mudah ya Birdies. Dibutuhkan banyak usaha yang terus menerus harus kita lakukan. Jangan menyerah ya dalam proses ini, ingat hal-hal yang berharga pasti membutuhkan waktu untuk didapatkan.

 

Referensi:

[1] Grohol, John. (nd). 6 Tips to Improve Your Self-Esteem. Ditemu kembali  dari psychcentral

[2] Ponton, Lynn. (nd) .Building Self-Esteem. Ditemu kembali dari psychcentral

[3] gambar ilustrasi: blog.sivanaspirit.com

Author

Leave a Reply