Bagaimana Cara Meningkatkan Emotional Intelligence?

LadyBird Journal – Ternyata untuk sukses butuh lebih dari sekedar IQ loh, emotional intelligence juga memiliki fungsi yang penting dalam memprediksi kesuksesan. Kalau nggak percaya, coba baca artikel berikut ya.

 

Terus, bagaimana kalau sekarang kemampuan kita dalam emotional intelligence (EI) belum terlalu bagus? Santai, sama seperti skill lainnya dalam hidup, kamu bisa berlatih untuk meningkatkannya.

 

Ukur Tingkat Emotional Intelligence-mu

Bagaimana caranya? Pelajari komponen mana yang masih butuh untuk ditingkatkan. Fyi, EI terdiri dari empat komponen utama. Kamu bisa coba untuk mengikuti tes dibawah ini, dari skala 1-7, coba berikan nilai pada kemampuan dalam melakukan hal tersebut

 

Komponen 1 : Memahami dan mengekspresikan emosi yang dirasakan

  1. Saya hampir selalu paham mengapa saya merasakan perasaan tertentu
  2. Saya memahami emosi saya sendiri
  3. Saya sangat paham apa yang saya rasakan
  4. Saya selalu tahu apakah saya bahagia atau tidak

 

Komponen 2 : Memahami emosi orang di sekitar

  1. Saya selalu mengetahui emosi yang dirasakan teman saya dari tingkah lakunya
  2. Saya adalah pengamat yang baik terhadap emosi yang dirasakan orang lain
  3. Saya sensitive terhadap perasaan dan emosi orang lain
  4. Saya memiliki pemahaman yang baik terhadap emosi yang dirasakan oleh orang disekitar saya

Komponen 3 : Mengelola emosi yang dirasakan

  1. Saya selalu membuat tujuan dan berusaha sebaik mungkin untuk mencapainya
  2. Saya selalu mengatakan pada diri saya bahwa saya adalah orang yang kompeten
  3. Saya dapat memotivasi diri saya sendiri
  4. Saya akan selalu menyemangati diri saya untuk mencoba melakukan yang terbaik

Komponen 4 : Mengelola emosi untuk meningkatkan pencapaian

  1. Saya dapat mengontrol kemarahan saya dan mengelola situasi sulit secara rasional
  2. Saya mampu dalam mengontrol emosi yang saya rasakan
  3. Saya selalu dapat tenang dengan cepat ketika saya sangat marah
  4. Saya memiliki control yang baik terhadap emosi yang saya rasakan

 

Cara Meningkatkan Emotional Intelligence

Sekarang kamu dapat melihat skormu, pada komponen mana skormu paling rendah? Jangan khawatir, kamu bisa mencoba cara meningkatkan emotional intelligence-mu berikut:

 

Berusaha memahami diri sendiri

Setelah melakukan tes, kamu masih harus melakukan refleksi lagi. Kenapa ya skor nya rendah pada salah satu komponen atau pada beberapa komponen? Kamu bisa coba refleksi dan memikirkan apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

 

Kalau kamu kesulitan untuk memahami alasannya, kamu juga bisa minta pendapat dari orang di sekitarmu. Dengan kamu membuka diri kamu bisa menerima berbagai masukan dari orang lain yang mungkin selama ini tidak kamu sadari.

 

Belajar dari hukum sebab akibat

Misalnya kamu punya nilai yang rendah dalam komponen mengelola emosi untuk meningkatkan pencapaian. Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Apakah kamu cenderung marah besar ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencanamu atau karena tidak mudah bagimu untuk dapat tenang lagi sesudah marah?

 

Dengan mengetahui prinsip sebab akibat, apa yang menyebabkan kamu menunjukkan tindakan tertentu, maka kamu dapat mengatur dengan lebih baik apa yang dapat kamu lakukan di masa depan jika situasi serupa terjadi lagi.

 

Keluar dari zona nyaman, mencoba pengalaman baru

Apa selama ini kamu cenderung hanya melakukan hal-hal yang sama dengan orang-orang yang familiar denganmu? Dengan mencoba hal-hal baru kamu bisa menemukan hal-hal baru yang ada pada dirimu sendiri, ini sarana yang baik untuk belajar mengenai dirimu sendiri.

 

Selain itu kamu juga dapat bertemu orang baru yang berbeda darimu dan belajar dari mereka. Tidak ada ruginya kan? Ayo coba satu kegiatan baru yang keluar dari zona nyamanmu selama ini

 

Belajar dari pengalamanmu dengan orang lain

Mungkin kamu pernah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain? Bagaimana perasaanmu saat itu? Sendainya kamu berada di posisi yang sama apakah kamu akan melakukan hal yang sama?

 

Dengan memahami bagaimana orang lain bertindak, dan bagaimana respon emosi yang muncul padamu, kamu juga bisa belajar bagaimana nanti kamu akan bertindak kalau kamu berada pada posisi orang tersebut.

 

Nah langkah apa yang pertama akan kamu coba? Menarik sekali kan, ayo sama sama latih dan tingkatkan emotional intelligence kita

 

Referensi :

[1] Whitbourne, Susan K (2013) Unlock your Emotional Genius. Ditemu kembali dari Psychology Today

[2] Piersen & Krass, Peter (2018) The Realities of How Emotional Intelligence is improved and applied. Ditemu kembali dari Forbes

[3] Gambar: pinterest

Author

Simply Complicated ;)

Leave a Reply