LadyBird Journal – Di hidup yang serba sibuk, penuh rutinitas monoton, dan banyak tuntutan, kadang bisa membuat kadar stres kita naik dan tak terkendali! Setuju ga? Itu sebabnya banyak orang travel ke tempat-tempat indah demi menghindar dari hiruk pikuknya kehidupan, kan?! Atau ikut kelas meditasi demi meraih ketenangan batin.

 

Memang, gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Bukan hanya kesehatan jasmani, tapi juga mental yang nggak kalah pentingnya. Nah, salah satu gaya hidup yang mungkin bisa kamu coba adalah dengan menjadi vegetarian.

 

Siapa sangka, selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, menjadi vegetarian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental. Menurut riset, terdapat beberapa manfaat vegetarian bagi kesehatan mental/emosional kamu. Yuk disimak:

 

1. Mengurangi Stres

Sebuah riset eksperimentasi di Amerika terhadap partisipan vegetarian dan pemakan daging menemukan bahwa partisipan vegetarian memiliki mood yang lebih stabil dan sehat. Selain itu juga lebih sedikit dilaporkan yang memiliki gejala depresi daripada partisipan yang pemakan daging.

2. Meningkatnya mood

Studi lain yang dipublikasikan pada Nutrition Journal juga bereksperimentasi dengan cara mengubah pola makan para partisipan pemakan daging menjadi diet vegetarian. Dari eksperimentasi selama dua minggu, para partisipan ternyata mengalami peningkatan mood dan berkurang tingkat stresnya. Kok bisa? Menurut para ahli sih ini berkaitan dengan berkurangnya rantai asam lemak dari diet tersebut yang salah satunya adalah asam arachidonic yang terdapat pada daging dan sering diasosiasikan dengan gejala depresi.

3. Mengurangi rasa waswas/gelisah (anxiety)

Sayuran hijau seperti bayam dan kale ternyata banyak mengandung magnesium yang sangat membantu menenangkan nervous system dan mengatur respon stres. Selain itu, sayuran hijau juga merupakan sumber vitamin B (selain vitamin B12) yang sangat penting untuk pengelolaan rasa gelisah (anxiety)

 

Nah, itulah manfaat vegetarian bagi kesehatan mental. Menarik kan? Memang, bukan berarti para pemakan daging maupun konsumen produk hewani semuanya depresi. Tapi, menjadi vegetarian yang mengonsumsi banyak sayuran, kacang, dan biji-bijian dapat menjadi pilihan untuk memperbaiki mood dan kesehatan mental kalian. Jadi, bisalah dicoba, Birdies 😉

Sumber: Nutrition Journal

Author

Simply Complicated ;)

Leave a Reply