7 Aplikasi yang membantumu lebih produktif

LadyBird Journal – Apa bekerja dengan lebih produktif dan menjalani hidup dengan lebih mudah merupakan salah satu resolusi kamu tahun ini? Atau apakah kamu akan memulai pekerjaan baru, jadi kamu butuh waktu untuk membiasakan diri dengan jam kerja dan rutinitas baru?

 

Mungkin aplikasi produktivitas (productivity app) akan membantu kamu untuk memenuhi tujuan kamu. Beberapa aplikasi sudah kami pilihkan untuk Birdies. Mulai dari aplikasi yang membantu mengembangkan kebiasaan tertentu, membantu bekerja dalam tim, dan lainnya.

 

Semua aplikasi ini tersedia secara gratis baik dalam platform iOS maupun Android, dan beberapa dari aplikasi ini juga menyediakan versi premium yang tentunya memiliki fitur tambahan dan/atau pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) yang akan membantu kamu mencapai tujuanmu.

 

1. WeDo

WeDo merupakan aplikasi yang membantu kamu untuk mencatat dan mengorganisasikan kegiatan, tugas dan semua kebiasaan yang kamu ingin lakukan. Aplikasi ini juga mampu untuk membantu kamu mengetahui waktu yang biasa kamu habiskan untuk kebiasaan-kebiasaan tertentu (tracking) dan memberikan saran bagaimana kamu bisa mengatur waktu kamu dengan efisien untuk mood dan hidup yang lebih baik.  

 

Untuk kamu yang masih belajar di sekolah maupun universitas, dalam update terbarunya WeDo juga menyediakan fasilitas untuk membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas akademikmu lho.

 

Cukup unggah silabus kelasmu, kamu akan mendapatkan peringatan untuk semua tugas dan ujianmu, dan ini termasuk dalam layanan gratis mereka.Selain itu, kamu juga bisa membagikan kegiatan, tugas dan kebiasaan yang kamu tuliskan di WeDo dengan beberapa orang dan saling memberikan komentar terhadap kemajuan  yang dicapai dengan WeDo.

 

WeDo: Your Second Brain tersedia di Android (rating 3.6 dari 5, update terakhir Juni 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi) dan iOS (rating 4.4 dari 5, update terakhir Juni 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi).  

 

2. Trello

Aplikasi satu ini bisa sangat berguna untuk kamu yang banyak bekerja dalam tim, baik itu di sekolah maupun di tempat kerja. Dengan papan, daftar dan kartu yang disediakan oleh Trello, kamu dan tim bisa menyusun dan menjalankan kegiatan kalian dan mendapatkan update mengenai tugas yang sudah selesai, harus dikerjakan saat ini dan tugas yang akan datang.

 

Trello juga dapat dengan mudah terintegrasi dengan aplikasi lain yang kalian gunakan seperti aplikasi chatting dan video call (seperti Slack dan Google Hangout), aplikasi untuk pertemuan online (seperti join.me), aplikasi kalender (seperti Google Calendar) dan bahkan media sosial seperti Twitter.

 

Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan label yang berkaitan dengan tugas tertentu, menambahkan anggota tertentu, membuat checklist bahkan membuat tanggal tenggat untuk penyelesaian tugas.

 

Pengguna Trello juga bisa mencantumkan foto dan video dalam papan, daftar dan kartu yang digunakan dan memberikan komentar kepada masing-masing anggota.

 

Trello tersedia di Android (rating 4.5 dari 5, update terakhir Juli 2018, tersedia secara gratis untuk desktop dan mobile) dan iOS (rating 4.7 dari 5, update terakhir Juli 2018, tersedia secara gratis untuk desktop dan mobile).  

 

3. Habitica

Apa kamu ingin mengembangkan kebiasaan tertentu di tahun ini? Mungkin lebih rajin untuk olahraga, minum air putih dan beristirahat dan meregangkan diri sejenak di tempat kerja? Habitica bisa membantumu untuk mencapai hal yang kamu inginkan dan membuatnya terasa menyenangkan.

 

Kamu bisa menggambarkan dirimu sendiri sebagai avatar karakter game RPG dan semakin kamu mampu mengembangkan kebiasaan yang kamu inginkan dan mencatatkannya di Habitica, kamu akan mampu untuk membeli aksesoris untuk avatarmu dengan poin yang kamu dapatkan atau permainan yang kamu bisa mainkan dengan teman-temanmu di Habitica.

 

Habitica juga menyediakan komunitas yang bisa kamu ikuti jika kamu mau, terutama untuk kebiasaan yang akan lebih mudah untuk dilaksanakan dalam kelompok seperti belajar bahasa asing atau kelompok olahraga.

 

Habitica tersedia di Android (rating 4.3 dari 5, update terakhir Juli 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi) dan iOS (rating 4 dari 5, update terakhir Juli 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi).

 

4. Evernote

Baik untuk kebutuhan akademis maupun pekerjaan, banyak dari kita yang mulai beralih menggunakan komputer untuk berbagai alasan. Evernote bisa menjadi salah satu aplikasi yang membantu kamu mencatat, mengorganisasikan dan membagi catatan-catatan penting kamu.

 

Dengan Evernote, kamu bisa menyusunkan catatan kamu dalam berbagai “buku” topik dan/atau label tertentu untuk memudahkan kamu menyusun dan mencari catatan yang sudah kamu buat.

 

Untuk memperkaya catatan kamu, Dengan Evernote, kamu juga bisa menambahkan video, foto, tautan situs, checklist, cantuman dan bahkan rekaman suara. Kamu juga bisa menggunakan Evernote untuk keperluan tugas dalam tim dan berdiskusi mengenai berbagai ide dengan menambahkan anggota ke dalam “buku” topik kamu atau membagikan “buku” topik kamu. Dengan Evernote, semua pemikiran kamu tersimpan dalam satu tempat dan kamu bisa mengaksesnya dengan ponsel pintar maupun komputer kamu.

 

Evernote tersedia di Android (rating 4.6 dari 5, update terakhir Agustus 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi) dan iOS (rating 4.1 dari 5, update terakhir Agustus 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi).

 

5. Pocket

Mungkin kamu sedang melakukan riset untuk tugas kamu, atau kamu secara kebetulan menemukan sebuah artikel yang menarik tapi kamu belum sempat membacanya. Untuk saat-saat seperti ini, Pocket bisa membantu kamu untuk mengorganisasikan tautan artikel menarik yang dapat kamu baca saat waktu senggang.

 

Tidak hanya tautan artikel, namun hal-hal lain seperti video dan tweet menarik. Kamu bisa menyusun hal yang sudah kamu simpan di bawah label tertentu, bahkan menyarankan hal yang kamu simpan kepada pengguna Pocket lainnya. Kemudian saat kamu siap, kamu bisa melihat apapun yang sudah kamu simpan, bahkan tanpa jaringan internet sekalipun.

 

Pocket: Save Stories for Later tersedia di Android (rating 4.5 dari 5, update terakhir Juli 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi) dan iOS (rating 4.8 dari 5, update terakhir Juli 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi).

 

6. LastPass

Beragam media sosial dan aplikasi yang membutuhkan password bisa menyulitkan kamu untuk mengingat password yang kamu butuhkan untuk satu akun tertentu.

Bahkan jika kamu berniat untuk menuliskan dan mengumpulkan semua password yang kamu butuhkan di satu tempat, hal tersebut bisa berbahaya untuk keamanan akun kamu. LastPass bisa menjadi penyelamat kamu.

 

Dalam situs webnya, tagline LastPass adalah “LastPass remembers all your passwords, so you don’t have to”, dan secara garis besar, itulah fungsinya. Kamu bisa menyimpan semua password kamu, juga informasi penting seperti data kartu kredit, alamat dan kartu keanggotaan, dan membuat proses log-in, belanja online dan pengisian data kamu lebih mudah dan aman.

 

LastPass juga bisa membantu kamu membuat password yang aman dan menyimpannya untuk kamu. Dalam keadaan darurat, kamu bisa membagikan informasi yang sudah kamu simpan dalam akun LastPass kamu kepada orang yang kamu percaya.

 

LastPass Password Manager tersedia di Android (rating 4.6 dari 5, update terakhir Agustus 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi) dan iOS (rating 4.5 dari 5, update terakhir Agustus 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi).

 

7. Calm

Menjadi produktif tidak hanya berarti kamu selalu siap melaksanakan semua tugas dan kegiatanmu. Terkadang kamu harus santai, beristirahat dan menyiapkan dirimu supaya kamu tetap sehat baik secara fisik dan mental untuk menjalani hari-harimu.

 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk bersantai adalah meditasi, dan Calm bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman meditasi yang terbaik.

 

Sebenarnya tidak hanya meditasi. Calm juga bisa membantu kamu untuk tidur dengan lebih nyenyak dengan fitur Sleep Stories yang berupa cerita yang dinarasikan. Musik menenangkan yang tersedia juga bisa membantu hal tersebut.

Untuk meditasi, Calm menyediakan meditasi terpandu (guided meditation) yang bertujuan untuk membuatmu merasa lebih baik apapun masalahmu mulai dari rasa cemas, stress, masalah tidur, dan lain-lain.

 

Calm – Meditate, Sleep, Relax tersedia di Android (rating 4.6 dari 5, update terakhir Agustus 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi) dan iOS (rating 4.8 dari 5, update terakhir Agustus 2018, tersedia secara gratis dan menawarkan pembelian dalam aplikasi).

 

Referensi:

[1] App Store Review Calm.

[2] App Store Review Evernote.

[3] App Store Review Habitica.

[4] App Store Review LastPass Password Manager.

[5] App Store Review Pocket: Save Stories for Later.

[6] App Store Review WeDo: Your Second Brain.

[7] App Store Preview Trello.

[8] D’Alessio, F. (2018, 5 Januari). 25 Productivity Apps to Explore in 2018. The Mission Daily.

[9] Google Play Calm – Meditate, Sleep, Relax.

[10] Google Play Evernote.

[11] Google Play Habitica.

[12] Google Play LastPass Password Manager.

[13] Google Play Pocket.

[14] Google Play Trello.

[15] Google Play WeDo: Your Second Brain.

[16] LastPass Simplify Your Life.

[17] Lunden, I. (2016, 26 April). Do We Have More Room for One More Task-Management App? Apparently, WeDo. TechCrunch.com.

[18] Williams, M. (2018, 24 Mei). Best Productivity Apps of 2018. Tech Radar.

 

Leave a Reply