LadyBird Journal – Saya adalah salah satu orang yang kalau jalan-jalan incerannya pasti makanan lokal. Menurut saya, untuk mengenal suatu budaya adalah dengan mencoba makanan lokal daerah tersebut. Pernah dengar pepatah mengatakan “To travel is to learn something new”? Pepatah ini in line dengan konsep saya dengan travel kuliner. Dengan mencari restoran yang ingin saya datangi, saya akan menelusuri wilayah-wilayah baru dan unik. Beberapa waktu lalu, saya mendapat kesempatan jalan-jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Itinerary saya selama liburan adalah mencari makanan-makanan yang wajib saya coba dan nikmati. Berbekal riset di search-engine, saya menemukan 5 makanan khas Malaysia yang saya santap dengan bahagia.

 

1. Nasi Lemak

 

Nasi lemak fusion India
Nasi lemak fusion India

 

nasi lemak melayu
Nasi lemak melayu

 

Ini mungkin adalah makanan tradisional Melayu yang penetrasi nya paling kuat di seluruh dunia. Kalian ke Inggris maupun Amerika, minimal ketemu restoran Melayu yang menjual Nasi Lemak. Jadi Malaysia itu banyak imigran, salah satu nya berasal dari India. Nah, jadi Nasi Lemaknya pun juga berbagai variasi. Yang saya sempat coba adalah 2 variasi, yaitu bergaya kaki lama dan campuran khas India. Keduanya sama sama enak tinggal setiap orang saja lebih condong ke rasa Melayu atau campuran rasa India.

 

2. Beef Noodle Soup / Sup Soun Lembu

Bisa dibilang makanan satu ini mirip sama sup daging. Bedanya adalah sup ini ada soun nya. Yang bikin sup soun lembu ini berbeda adalah kaldu nya yang kerasa banget. Jadi gini, makanan yang kaldunya alami dan makanan yang mayoritas bumbu makanannya hanya penyedap itu kerasa banget deh bedanya. Kalo sup ini, langit-langit dalam mulut saya tidak terasa keset kayak habis kebanyakan perasa makanan, dan kerasa kuahnya kerasa di lidah.

 

3. Kaya Toast dan Kopi Tarik

Nah, untung list nomor 3 ini kaya toast dan kopi tarik adalah complimentary atau saling melengkapi. Biasanya orang Malaysia makan kaya toast dan kopi tarik untuk sarapan pagi, kalau kurang kenyang mereka menambahkan telur setengah matang ke dalam menu sarapan mereka. Menu sarapan ini bisa kalian temukan di kopi tiam atau toko kopi lokal. Kaya toast ini pada dasarnya adalah roti bakar dan di isi dengan Srikaya beserta mentega. Untuk kopi tarik, isinya sejenis dengan teh tarik, yaitu dicampur dengan susu kental manis.

 

4. Prawn Noodle 

Sebenernya makanan satu ini spesifik harus di cari di restoran Madam Kwan’s yang terletak di pusat perbelanjaan Pavilion. Restoran ini kalau udah jam makan bakal ramai dan harus antri. Kalau kalian sudah berhasil lepas dari antrian dan duduk di meja makan, kalian harus order prawn noodle. Kuah nya memang berwarna merah pekat, tapi tenang saja rasanya tidak sepedas warna kuah nya kok.

 

5. Sea Bass Steam

sea bass steam malaysia

Makanan yang terakhir ini, memang bukan makanan khas Malaysia, tapi makanan khas Thailand. Mungkin awalnya terkesan aneh, ngapain coba jalan-jalan ke Malaysia tapi malah makan makanan Thailand. Well, mereka berdua ini adalah negara tetangga banget. Cukup banyak warga negara Thailand yang hijrah ke Malaysia dan akhirnya meninggalkan jejak budaya nya di Malaysia. Oleh karena itu, makanan Thailand di Malaysia tuh masih terasa lokal, apa lagi asam dan pedasnya yang sebuah ciri khas makanan Thailand.

Author

To travel is to conquer the world

Leave a Reply