LadyBird Journal – Setiap orang pasti memiliki rutinitas harian. Perjalanan bolak balik dari rumah ke kantor dan sebaliknya yang menghabiskan energi. Kemudian juga menghadapi berbagai tugas dan proyek di tempat kerja, rekan-rekan di tempat kerja yang beragam sifat dan kebutuhannya, juga usaha kita untuk menjaga hubungan baik dengan atasan di tempat kerja. Hal-hal ini bisa memicu stres yang kita alami di tempat kerja kita, karena kita banyak menghabiskan waktu di kantor dalam satu hari.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stres di tempat kerja dapat berpengaruh negatif pada tempat kerja mereka dan yang lebih penting, kepada para pekerja. Absensi karena sakit yang disebabkan oleh kelelahan mental, misalnya, dapat mempengaruhi produktivitas dan kreativitas di tempat kerja. Klien tempat kerja yang kemudian banyak menyampaikan keluhan juga menjadi pengaruh negatif dari stres di tempat kerja.

 

Memang apa sih stres di tempat kerja? WHO mendefinisikan stres di tempat kerja atau work-related stress reaksi yang muncul saat ada beban pekerjaan yang tidak sesuai dengan pengetahuan dan mengganggu kemampuan pekerja untuk coping atau bertahan. Penelitian Susan Michie di tahun 2002 menyebutkan tanda-tanda stres di tempat kerja bisa dilihat secara fisik (seperti menjadi agresif, tertutup dan tidak punya motivasi), perasaan (seperti merasa cemas, mudah marah dan kelelahan), dan secara fisik (seperti rasa mual dan sakit kepala).

 

Nah, kita sudah tau tanda-tandanya, sekarang bagaimana sih, cara mengatasi stres di tempat kerja? Berikut lima cara mudah yang bisa kamu lakukan sehari-hari.

 

1. Mencatat penyebab stres kamu

Pertama-tama, apa sih yang biasanya menyebabkan kamu menjadi stres? Bagaimana respon kamu? Selama beberapa waktu (American Psychological Association menyarankan kamu mencatat selama dua minggu), kamu bisa membuat catatan mengenai siapa, situasi apa yang menyebabkan kamu stres dan bagaimana reaksi kamu terhadap stres tersebut. Temuan kamu bisa membantu untuk mengembangkan reaksi yang sehat terhadap penyebab stres kamu.

 

2. Mengembangkan reaksi yang sehat

Setelah dicatat, kamu sudah tahu apa saja yang bisa membuat kamu stres, dong? Bagaimana reaksi kami terhadap stres tersebut? Kamu bisa mulai untuk membangun kebiasaan reaksi yang sehat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Apa reaksi kamu terhadap stres adalah makan makanan junk food? Coba gantikan dengan cemilan yang lebih sehat. Olahraga, meditasi, membuat waktu untuk hobi yang menenangkan seperti membaca buku dan menjaga jadwal tidur yang sehat bisa membantu kamu untuk menghadapi penyebab stres dengan lebih tenang dan sehat

 

3. Buat batasan yang jelas

Selain itu, teknologi dan dunia digital yang berkembang dengan cepat memungkinkan kita semua untuk terhubung 24 jam dan 7 hari seminggu, termasuk untuk urusan pekerjaan di kantor. Rekan kantor yang selalu mengajak kamu untuk lembur dan bos yang minta kamu untuk masuk kerja saat akhir pekan bisa jadi salah satu penyebab stres untuk kamu selama di tempat kerja. Dengan membuat batasan work-life yang jelas untuk diri sendiri, seperti dengan mematikan ponsel pintar selama istirahat atau tidak mengecek e-mail selama akhir pekan, kamu bisa punya waktu untuk dirimu sendiri dan bisa menghadapi tugas di tempat kerja dengan lebih produktif.

 

4. Ambil waktu untuk istirahat

Setelah adanya batasan yang jelas, kita akan punya waktu yang bisa kita gunakan untuk diri kita sendiri. Baik saat liburan, akhir pekan, atau waktu singkat saat istirahat makan siang, kamu harus punya waktu untuk beristirahat. Dalam waktu-waktu tersebut, kamu bisa menghabiskan waktu dan belajar untuk rileks, seperti berjalan-jalan, melakukan perawatan diri, atau melakukan kegiatan lainnya yang tidak berhubungan dengan kantor.

 

5. Kumpulkan pendukung kamu

Kadang-kadang, ya, kita memang tidak ada waktu untuk menyisihkan waktu untuk diri kita sendiri. Kita bisa meminta bantuan dari rekan kerja, teman atau anggota keluarga yang bisa membantu kita mengatasi stres kita di tempat kerja. Terakhir, jika stres terus bertaha, jangan sungkan untuk konsultasi ke ahli kesehatan mental seperti psikolog atau psikiater ya!

 

Butuh waktu dan usaha untuk mengatasi stres di tempat kerja. Selain itu, dukungan dari teman dan keluarga bisa jadi pengaruh yang besar untuk usaha kita mengatasi stres tersebut. Pada akhirnya, kesehatan mental dan stres kita perlu untuk diatasi karena akan mempengaruhi produktivitas, kemampuan dan kesejahteraan kita di tempat kerja. Semoga 5 cara mengatasi stres di tempat kerja ini bisa membantu kalian ya

 

Referensi:

 

[1] “Coping with Stress at Work”. Disadur 2 Juli 2018 dari: situs apa.org 

[2] Houtman, I., Jettinghoff, K., Cedillo, L. (2007). Protecting Workers’ Health Series No. 6 Raising awareness of stress at work in developing countries. WHO. Disadur dari situs Who.Int

[3] Michie, S., (2002). Causes and Management of Stress at Work. Occupational & Environmental Medicine, 59(1), 67-72. Disadur 2 Juli 2018 dari: situs oem.bmj.com

 

Leave a Reply